Manfaat branding pada perusahaan
Ketika kita mendengar nama Branding maka apa yang muncul difikiran anda?
Merk? Image? atau pencitraan ketiga hal tersebut saling berkaitan dengan branding.
Dimana dalam dunia marketing, yang namanya Branding adalah mutlak untuk dilakukan. Mengapa? Karena dengan branding sebenarnya kita sedang membuat seseorang menjadi familiar dengan nama kita. Semakin familiar maka semakin tumbuh kepercayaan. Jika kita baru pertama kali mendengar nama suatu merk produk. Apakah kita akan langsung percaya dan berani mencoba membeli produk itu? Tapi kalau kita sering mendengar, melihat merk tertentu, baik di iklan, di stiker, di seragam, di buku dan dimana saja, semakin sering kita menjumpainya, maka tanpa kita sadari, sebetulnya kita menjadi makin familiar dengan brand tersebut. Yang alhasil, secara tidak disadari, kita mulai menumbuhkan kepercayaan tahap pertama pada suatu brand. Tentunya masih ada tahap berikutnya, yaitu pengetahuan tentang produk tersebut dan image yang dibawa oleh produk tersebut. Apakah imagenya terkesan murahan, atau berkelas, itu kita sendiri yang seharusnya membangunnya.

Definisi branding itu sendiri adalah :
Branding adalah Sebuah konsep pemasaran yang digunakan untuk menciptakan kesadaran yang lebih besar dari produk perusahaan Anda dan jasa. Perusahaan yang tertarik dalam branding mencoba untuk mendapatkan pengguna Web sebanyak mungkin untuk melihat banner mereka iklan dan logo, dengan perhatian lebih sedikit untuk jumlah jumlah klik ke situs Web mereka.

Membangun bran image yang kuat tentu tidaklah mudah. Dibutuhkan strategi pemasaran yang tepat, memakan waktu yang sangat lama, dan pastinya membutuhkan dukungan biaya yang tidak murah. Maka wajar apabila banyak pelaku usaha yang akhirnya gagal menjalankan bisnisnya karena mereka tidak berhasil menciptakan brand image yang cukup kuat, sehingga produk yang dihasilkannya tidak bisa bertahan lama di tengah deruan pasar yang semakin besar. Kondisi tersebut menjadi bukti nyata bagi kita bersama, bahwa keberadaan merek menjadi salah satu aset berharga yang akan membawa sebuah perusahaan menuju puncak kesuksesannya. Banyak manfaat yang bisa didapatkan para pelaku usaha ketika brand image atau merek yang mereka bangun berhasil menguasai pasar.
Beberapa manfaat brand image pada perusahaan:
1.    Memberikan daya tarik tersendiri bagi para konsumen.
2.    Lebih mudah mendapatkan loyalitas pelanggan.
3.    Membuka peluang Anda untuk menetapkan harga jual yang lebih tinggi.
4.    Peluang bagi pelaku usaha untuk melakukan diferensiasi produk.
5.    Menjadi ciri tertentu yang membedakan produk Anda dengan produk milik pesaing.

Masih banyak yang rancu pada pengertian brand vs branding. Brand adalah merek yang dimiliki oleh perusahaan, sedangkan branding adalah kumpulan kegiatan komunikasi yang dilakukan oleh perusahaan dalam rangka proses membangun dan membesarkan brand. Tanpa dilakukannya kegiatan komunikasi kepada konsumen yang disusun dan direncanakan dengan baik, maka sebuah merek tidak akan dikenal dan tidak mempunyai arti apa-apa bagi konsumen atau target konsumennya.
Tiga unsur terpenting branding adalah 3C’s yaitu Clarity (jelas), Consistency (tetap pada image-nya), dan Constancy (selalu ada di mana dibutuhkan). Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan perusahaan melakukan perubahan pada branding-nya. Pertama, akibat tekanan dari pesaing yang tidak mampu ditahannya. Kedua, tekanan dari perubahan perilaku konsumen, yang mungkin akibat dari berubahnya teknologi. Alasan lainnya yaitu masalah prioritas perusahaan yang telah berubah.